PageList1

  • Suspendisse neque tellus

  • SRC Angkatan 000 000

    Pertama kali kami gagal, kemudian gagal, sampai kegagalan menjadi teman kami. Modal kami hanya niat dan kerja keras !, bangkit dan terus bangkit, menciptakan inovasi tiada batas cause we are SRC !

Sunday, April 29, 2012

Line Follower Flip-Flop



DOwload PCB EXPRESS dulu  disini
Hallo Kroaker ternyat untuk membuat line follower ngak perlu banyak sensor, dengan menerapkan prinsip flip-flop maka dengan mudah kita membuat robot line follower :)
Line follower analog pada rangkaian ini menggunakan komponen utama,  yaitu: ic L293 sebagai driver motor, LM324 sebagai komparator, 74LS32 dan 74LS00. Rangkaiannya seperti gambar di bawah ini :
Skematic From Taman Pintar Yogyakarta
Gambar 1. Rangkaian Line Follower Analog
 Rangkaian ini menggunakan prinsip RS Flip-flop,  sebagai berikut :
Gambar 2. RS Flip-flop
        Rangkaian diatas menggunakan komparator( IC LM324), H-Bridge driver motor L293, dan switching relay 6 volt untuk kipas dan driver motor.
Gambar 3. Rangkaian Sensor Line Follower Analog
      nb : Garis yang disarankan untuk track adalah selebar 3 cm yang berupa garis hitam.
    Prinsip kerja dari rangkaian diatas adalah robot line follower  akan bergerak sesuai dengan garis hitam di lintasan (track).  Kemudian jika robot telah mencapai tugu api (menabrak) maka sensor limit switch akan aktif, dan otomatis kipas akan aktif dan robot akan berhenti, sehingga api akan dipadamkan. Jika anda tidak menginginkan fungsi dari kipas untuk memadamkan api, anda tinggal menghilangkan relay dan motor untuk kipasnya, sehingga rangkaian ini hanya berfungsi sebagai robot line follower biasa.Source:http://choiruddyn.wordpress.com


Demo Robot Line Follower yang menggukan Flip-Flop


Salah satu lagi contoh yang pake Flip flop tapi drivernya pake Mosfet
             



0 komentar:

Post a Comment