PageList1

  • Suspendisse neque tellus

  • SRC Angkatan 000 000

    Pertama kali kami gagal, kemudian gagal, sampai kegagalan menjadi teman kami. Modal kami hanya niat dan kerja keras !, bangkit dan terus bangkit, menciptakan inovasi tiada batas cause we are SRC !

Sunday, April 29, 2012

Belajar Relay


Hello Kroaker, wuits Relay? Sebenarnya ini juga penting banget di dunia robotik apalagi saat kita menggunakan sistem analog tanpa microprosesor. Jadi pada kesempatan kali ini, tidak ada salahnya jika kita mencoba belajar menggunakan komponen elektronika yang satu ini. Sebelum memulai  percobaan menggunakan relay ini, ada baiknya jika kita terlebih dahulu mengumpulkan beberapa komponen yang kita butuhkan. Diantaranya:
  1. Relay 5 Volt atau lainnya
  2. Baterai 9 Volt
  3. Saklar Toggle
  4. Lampu

Untuk Contoh-Contoh rangkaiannya adalah sebagai berikut:

Gambar Relay Sebagai Switch Sederhana

Prinsip Kerja Relay adalah Sebagai Berikut:
Relay diatas terdiri dari Satu Kontak Normally Open (NO) dan Satu Kontak Normally Close (NC) dan Juga sebuah Kontak Diam yang dihubungkan dengan Pluger. NO artinya dalam keadaan tidak aktif terbuka sedangkan NC dalam keadaan tidak aktif tertutup.
Pada gambar Rangkaian Relay diatas, Rangkaian beban dihubungkan dengan Kontak diam dan Kontak NO. Saklar Toggel SW5 pada kondisi awal dalam keadaan membuka, sehingga arus dari baterai 9 volt tidak mengalir dan relay tidak aktif sehingga rangkaian beban pun tidak aktif. Ketika Saklar SW5 ditutup maka relay akan aktif, Posisi Kontak NO akan tertutup dan Rangkaian beban akan aktif, lampu menyala. Dan seterusnya.

Demikianlah Tutorial Elektronika Kali ini. Semoga Apa yang saya berikan dapat bermamfaat bagi kita semua!.

0 komentar:

Post a Comment