PageList1

  • Suspendisse neque tellus

  • SRC Angkatan 000 000

    Pertama kali kami gagal, kemudian gagal, sampai kegagalan menjadi teman kami. Modal kami hanya niat dan kerja keras !, bangkit dan terus bangkit, menciptakan inovasi tiada batas cause we are SRC !

Sunday, April 29, 2012

INTERCOM 2012 (Internal Competition Robot)SMAN 1 SALATIGA


Sukses dengan diadakannya Intercom 2011, kini SRC(Smanssa Robotic Club) mengadakan lomba line follower. Tujuan diadakan lomba ini adalah untuk memacu kreativitas para anggota SRC, nah selain kreativitas dibutuhkan sifat sabar, dan pantang menyerah untuk membuat sebuah robot. Robot yang dilombakan adalah robot dengan genre Line Follower, dengan menggunakan sistem analog, jadi robot ini tidak menggunakan microkontroller melainkan komparator sebagai penyaring masukan sensor, yang kemudian diteruskan ke driver motor, kemudian driver motor akan memberikan tegangan ke motor. Line Follower, banyak sekali di lombakan di Jawa Tengah maupun di tingkat Nasional. Robot analog ini menggunakan prinsip Flip-flop.  Ada robot yang unik bentuk robotnya yaitu bebek. 

Para anggota robotic SRC angkatan 2011/2012 sunggguh sangat antusias mengikuti lomba line follower ini. Dengan kerjasama antar kelompok, jadilah sebuah robot, tetapi mereka sungguh hebat dan luar biasa, mereka memberikan yang terbaik, dan saya bangga melihat mereka begitu antusias, ada yang merasa sedih karena robot mereka belum jadi, ada juga yang sedih karena rusak entah elektronik ataupun mekanik. Saya berharap dengan diadakan lomba semacam ini menjadi pengalaman para adik kelas untuk terus maju mengembangkan line follower, mungkin dengan prinsip logika matematika mereka bisa menyusun sebuah algoritm  dalam membuat logika robot. Selamat untuk yang menang, dan jangan patah semangat untuk yang kalah :)

It's fine to celebrate success but it is more important to heed the lessons of failure.







0 komentar:

Post a Comment